Selasa, 09 Agustus 2016

Jadi Irup Pemakaman, Danlantamal VI Jadi Tamu Kehormatan Toraja


SuaraSulawesi.com , Toraja -- Kedatangan  Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M. di Toraja  disambut hangat oleh Bupati Kabupaten Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan,  beserta Unsur Muspida Kabupaten Toraja, Selasa (09/08/2016), bertempat di Kantor Bupati.

Agenda kunjungan Danlantamal VI ke Toraja, guna melaksanakan tugas sebagai Inspektur upacara (Irup) pemakaman Laksda Christina M. Rantetana yang akan dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 10 Agustus 2016 besok.

Pati TNI-AL berbintang satu ini juga disambut oleh tokoh  masyarakat Toraja, Danlantamal VI pun diajak menari ritual Ma'badong bersama sama dengan masyarakat Toraja.

Malam ini, Bupati Tana Toraja Nico memasangkan songkok passapu dan selempang Toraja Kepada Yusup panggilan akrab Danlantamal VI, sebagai bentuk penghormatan orang Toraja bagi tamu yang dihormatinya  berkunjung ke wilayahnya. Prosesi ini dilaksanakan di depan Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja.

Tadi Siang juga Danlantamal VI telah  melaksanakan peninjauan dan pengecekan kesiapan prosesi pemakaman termasuk  lokasi tempat dilaksanakannya upacara.

"Lantamal VI selaku unsur pelayanan di Daerah harus melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, apalagi upacara pemakaman yang akan dilaksanakan nantinya sangat berbeda, karena kita harus menyesuaikan adat pemakaman Toraja. Tentunya ada beberapa tata upacara yang berubah. Hal ini dilakukan untuk menghargai budaya adat pemakaman Toraja", ujar orang nomor satu di jajaran Lantamal VI ini.

(Andhis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar