Jumat, 12 Agustus 2016

Mengenal KAL Pintar BNI I Lantamal VI Makassar

SuaraSulawesi.com , Makassar – Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar BNI 1 Lantamal VI merupakan kapal perpustakaan  yang pengadaannya dari Bank BNI dan diserahkan ke TNI AL sandar di dermaga layang Mako Lantamal VI. Sekarang ini sudah dioperasikan oleh Lantamal VI Makassar sejak tahun 2013 merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar yang diprakarsai Ibu Ani Yudhoyono waktu masih menjabat sebagai Ibu Negara, dimana Program Indonesia Pintar untuk menjangkau daerah yang tidak terjangkau (To Reach The Unreached), yang diimplementasikan dalam aksi nyata di lapangan. Kal Pintar BNI 1 Lantamal VI diresmikan langsung oleh Ibu Ani Bambang Yudhoyono bertempat di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara tahun 2013 yang lalu.

Kal Pintar ini dibangun di galangan PT Palindo Marine di Batam, Kepulauan Riau, sebagai bentuk realisasi dari kesepakatan kerja sama antara TNI-AL dengan PT Bank BNI (Persero),  mempunyai spesifikasi teknis yakni: panjang 22 meter, lebar 3,10 meter, kedalaman 1,85 meter, draft 0,85 meter, bobot 5,2 ton, kecepatan 12 knot, menggunakan dua mesin pendorong diesel, satu mesin generator listrik, serta dilengkapi dengan AC.

Kapal Pintar BNI 1 Lantamal VI yang dikomandani oleh Serka Nav Caya dengan beranggotakan 4 awak kapal ini adalah kapal multifungsi yang didesain dan dibuat agar dapat digunakan sebagai sarana “perpustakaan bergerak” yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan alat peraga dengan tujuan sebagai sarana guna memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan bagi anak-anak usia sekolah yang tinggal di pulau-pulau terpencil/terluar maupun di wilayah pesisir yang sulit terjangkau, dan belum mendapatkan kesempatan belajar karena keterbatasan fasilitas pendidikan yang tersedia.

Sebagai perpustakaan bergerak, kapal ini dilengkapi dengan berbagai macam buku-buku pengetahuan dan pelajaran untuk anak-anak usia sekolah, alat peraga, dan perangkat Information technology (IT) yang terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, kapal ini juga dapat difungsikan sebagai alat transportasi oleh dokter/bidan untuk menyinggahi pasien di daerah-daerah terpencil.

" Kapal pintar BNI 1 Lantamal VI ini multi fungsi, saat melaksanakan kegiatan seperti baksos Kapal ini berfungai sebagai kapal transportasi untuk personel dan barang, setelah sampai di pulau sasaran penumpangnya turun melaksanakan baksos dan Kal pintar inipun dibanjiri anak anak di pulau tersebut untuk membaca dan bermain. Jadi satu kali mendayung dua,tiga pulau terlampaui" terang Caya Komandan Kal Pintar.

Kal pintar BNI 1 Lantamal VI, tidak hanya bergiat di pulau tapi saat Sandar di Dermaga Layang Lantamal VI pun selalu ramai  dikunjungi oleh Anak-anak  sekolah PAUD, TK dan SD yang ada di kota Makassar . Mereka melaksanakan program sekolahnya yaitu Field Trip  pengenalan transportasi laut.

(Andhis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar