Jumat, 19 Agustus 2016

Mahasiswa KKN Kebangsaan Optimalkan Potensi Lokal

SuaraSulawesi.com  -- Fokus pada Peningkatan Sumber Daya Manusia KKN Kebangsaan Posko Kelam Pagi buat pelatihan pemanfaatan cangkang gonggong, Jum’at 19/08/2016).

 Mahasiswa KKN Kebangsaan melaksanakan pelatihan pemanfaatan cangkang gonggong di RT Kelam Pagi Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari sebagai salah satu cara memberdayakan masyarakat agar memiliki penghasilan tanpa modal besar.

Gonggong adalah salah satu biota laut bercangkang keras yag dapat dikonsumsi dan banyak di temui di RT Kelam Pagi, ada masyarakat yang menjadikan gonggo sebagai penghasilan utamanya yakni dijual sebagai menu utama pada sebuah warung pinggir laut, namun banyak ditemui limbah cangkang gonggong sekitar restoran yang dibuang begitu saja.

Cangkang gonggong dapat dijadikan sebagai bunga hias, gantungan kunci dan berbagai bentuk hiasan yang direkatkan pada sebuah triplek atau papan contohnya nomor rumah.

Sasaran dari pelatihan ini adalah ibu-ibu rumah tangga. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan gonggong ini agar hasil dari pelatihan tidak sia-sia mahasiswa KKN Kebangsaan memberikan pemahaman tentang strategi promosi yakni dengan pamflet dan pemanfaatan sosial media serta mencari link pemasaran langsung untuk bekerjasama, misalnya pusat souvenir yang ada di tanjung pinang, penjual oleh-oleh khas pinang yang membutuhkan pemasok.

"Harapan dilaksanakannya pelatihan adalah adanya penghasilan ibu-ibu rumah tangga yang ada di RT Kelam Pagi dan termanfaatkannya cangkaang gonggong yang awalnya sebagai limbah saja" ungkap Istifatimah delegasi Universitas Negeri Makassar.
(Ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar