Jumat, 05 Agustus 2016

Jagung Marning Cemilan Khas Bulukumba


SuaraSulawesi.com -- Jagung adalah komoditi pertanian yang tidak susah di jumpai di Sulawesi Selatan terkhusus di bagian Selatan Provinsi Sul-sel seperti Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai.

Salah satu hasil komoditi jagung adalah Jagung Marning yang diolah dari jagung punu' dengan cita rasa yang khas, Jagung Marning banyak di jumpai di Daerah Bulukumba.

Salah satu pengusaha Jagung Marning asal Bulukumba Fadlan Azhari S. Tp yang merupakan lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Universitas Indonesia Timur (UIT) mengungkapkan bahwa dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) perlu suatu usaha untuk membuka, usaha pribadi agar tidak selalu berharap kepada perusahaan besar.

"Dalam menghadapi tantangan MEA maka perlu untuk membuka usaha pribadi jadi tidak selalu berharap kepada perusahaan besar. Usaha Jagung Marning salah satunya, hal ini juga membantu untuk menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran".

Fadlan juga mengungkap bahwa Jagung Marning dapat diolah dalam berbagai cita rasa untuk menarik para konsumen agar tidak bosan dalam cita rasa kulinernya.

"Perlu kreatifitas agar pencinta kuliner tidak bosan mengkonsumsi Jagung Marning tersebut. Ada beberapa cita rasa yang kami sediakan dalam mengolah Jagung Marning, diantaranya rasa manis, pedas, asin, dan cita rasa terbaru Jagung Marning sambalado" ungkap Fadlan.

"Namun ada beberapa kendala untuk meningkatkan usaha ini. Oleh karena itu, besar harapan kami agar pemerintah daerah memperhatikan pengusaha kecil seperti pengusaha jagung marning" ujar Pengusaha Muda Jagung Marning Tersebut.

(Ade)

3 komentar: